Tutorial Belajar Java Untuk Pemula

belajar java

Tutorial Belajar Java Programming ?

Tutorial Belajar Java Programming, bahasa ini pertama kali muncul dan dikembangkan oleh seorang ilmuan yakni Insinyur Sun dan temannya Patrick Naughton James Gosling saat itu teman dari Insinyur ini turut memimpin terlaksananya pengembangan project Java tersebut. karena melihat kebutuhan masyarakat IT yang berbeda para ilmuan ini mengembangkan bahasa yang berorientasi objek yakni mempengaruhi bahasa java dan C++ perkembangan berikutnya bahasa ini mengadopsi sebuah sintaks, semantiks juga exception handling, diambil pula dari bahasa ADA include terhadap strongly type, pada C mengambil fasilitas interfacenya , smallTalk disini diterapkan sebuah objek yang memiliki sifat pewarisan pada single root class hirarki, dan Eifell ikut serta dalam pembangunan one bundle JDK yang hingga kini masih dikembangkan alih oleh ORACLE, sekilas mengenai sejarah java yang dapat kita ketahui dimana perkembangannya hingga kini sudah banyak memiliki pengaruh terhadap dunia IT Programming.

 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Java ?

Sebagai sebuah bahasa pemrograman yang memiliki keunikan sendiri Java disini sudah banyak dipakai tentunya oleh para programmer java dan menjadi pengembangan. hingga kini ikut berkontribusi dalam hal pengembangan aplikasi berbasis web, aplikasi, desktop, bahkan mobile seperti android. Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP) bisa dijalankan pada berbagai platform sistem operasi (Cross Platform) maksudnya disini java bahasa yang mengkonsentrasikan penerjemahannya dalam berbagai sistem operasi, karena begitu mudah mempelajarinya selain itu bahasa java disini termasuk bahasa yang opensource bebas di kembangkan oleh siapapun.

 

Kelebihan Belajar Java Programming :

  • Sebagai Development Environment yakni mendukung berbagai jenis tools antara lain compiler, interpreter, penyusun dokumentasi, class dan lainnya.
  • Sebagai Aplikasi, artinya bisa dijalankan di berbagai mesin  yang memiliki Java Runtime Environment (JRE).
  • Sebagai Deployment Environment, yakni pengembangan dari JRE yang memiliki Global Class Java, GUI, bahkan web browser yang saat ini kita gunakan sudah terinclude java runtime ini.
  • Simple, OOP, Distributed, Intrepeted, Secure, Architecture Neutral. Portable, Performance, Multithreaded, Dynamic, bahasa yang terbilang mudah untuk dipelajari karena sebagian dasar syntax code JAVA menjadi bagian pada syntax code pada Bahasa C.

 

Untuk percobaan kita akan mempraktikan bagaimana sih cara membuat aplikasi java yang sederhana itu, sebelum memulai perhatikan kebutuhan tools yang akan kita gunakan untuk membuat aplikasi java, sebagai berikut :

  • Download JDK atau java development kit yang bisa anda unggah melalui situs Resmi Oracle : http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html
  • Editor Java Seperti ECLIPSE, NETBEANS jika anda tidak mau repot mendownload satu persatu ORACLE menyediakan bundalan paket Development untuk java JDK+NETBEANS yang bisa anda download  DISINI
  • Jika sudah mendownload silahkan install terlebih dahulu bundalan JDK dan Netbeans. setelah selesai buka program netbeans anda di desktop atau di start menu = > program Netbeans.

netbeans

diatas adalah tampilan program netbeans, selanjutnya sebagai percobaan kita membuat program java sederhana menggunakan editor Netbeans.

 

Berikut Langkah – Langkahnya :

  1. Buka program NETBEANS
  2. Klik File => New Project => Pilih Java, sebagai contoh program java kita gunakan sample contoh program java yang sudah tersedia pada netbeans, dibawah ini adalah contoh sample program ClientEditor Java.
  3. Setelah memilih project anda running langsung melalui Run = >  Run Project jika menggunakan shortcut key anda bisa gunakan F6, jika ingin membuild program anda bisa pilih menu Run => Build Project.

Rangkaian source packages dari contoh sample ClientEditor :

project packages java

Pada rangkaian project source packages diatas adalah tempat dimana project-project file yang kita gunakan nantinya untuk mendevelop source code java tidak jauh beda tampilan GUI editornya dengan editor visual studio.

Dibawah ini adalah hasil Output daripada project ClienEditor yang kita running tadi diatas.

clienteditor java

 

Demikianlah tutorial belajar java bagi pemula dan membuat aplikasi java sederhana, sebenarnya masih banyak lagi konsep konsep pembuatan aplikasi java yang ada dan perlu kita kembangkan lagi lebih luas, selamat berkolaborasi dengan coding coding java, semoga bermanfaat dan bisa jadi bahan referensi anda.

This Post Has 0 Comments

Leave A Reply